Huruf leter Lafal allah muhammad

oeng-doeng… suara tempaan martil pada lempengan tembaga terdengar keras saat memasuki kawasan dusun banaran Rt.3 Rw.8 Tumang, Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.
Dusun Tumang dikenal luas sebagai penghasil kerajinan berbahan dasar tembaga dan kuningan yang bervariasi dan tahan lama.Semua kerajinan tembaga dan kuningan yang dihasilkan di dusun Tumang adalah buatan tangan.dan salah satu nya yang kami buat hurf leter Allah dan Muhammad dan yang ukuran nya biasa menyesuikan lokasi/tempat yang mau di kasih huruf leter Allah dan Muhamad berbahan baku tembaga dan kuningan dengan ketebalan yang sering kami buat 0,7mm dan 0,8mm
proses pengerjaan huruf leter Allah dan Muhammad di awali dari proses desain,setelah proses desain selesai di lanjutkan lagi dengan proses pemotongan bahan baku sesui pola yang sudah kami desain dan silep ketebalan huruf leter yang kami desain,biasa nya ketebalan silep menyesuikan ukuran desain misal kan 100cm x 100cm itu silep nya menggunakan ketebalan 4cm-5cm tergantung ukuran desain atu lokasi yang mau di kasih huruf leter Allah dan Muhammmad,pemotongan bahan baku bisa menggunakan cutting laser atau juga bisa manual dengan cara di geraji.
setelah selesai pemotongan bahan baku tembaga atau kuningan sesui desain dan pola maka di lanjut proses pematrian atau biasa nya kami menyebut nya pemaratan,proses pematrian atau pemarantan menggunakan bahan bahan antara nya dibawah ini.
1. parat atau tenol yang biasa nya di gunakan untuk mematri barang barang elektronik
2. solder bakan yang terbuat dari batangan atau lempengan tembaga yang ketebalan nya 2cm-3cm semakin tebal semakin awaet panas nya
3. kompor untuk memanasi solder yang sudah di buat di atas.
4. cairan yang biasa kami sebut banyu parat atau air parat yang di jampur dengan artikel logam lunak agar air parat tersebut tidak bereaksi dan tidak mengikis logam.
5. proses pematrian antara silep atau ketebalan huruf leter di sambung ke pola kaligrafi Allah dan Muhammad yang sudan di cutting laser atau gergaji manual aggar nempel menjadi satu kesatuan dan kuat.
setelah proses pematrian atau pemaratan diatas sudah selesai di lanjut proses pengamplasan sisa sisa patri yang menempel di tembaga atau kuningan,kenapa harus di amplas karena patri atau parat warna nya putih tidak kuning atau merah seperti tembaga atau kuningan jadi sangat mencolok di pandang mata dan kurang cantik kalo tidah di bersihkan dengan pengamplasan sampai hilang dan halus.
setelah proses pengamplasan selesai proses selanjut nya menempelkan lubang angkur atau pliser dan kerangka kalo di butuhkan.
proses terahir yaitu proses pemolesan yang paling terpenting agar barang tersebut menjadi kinclong dan proses pelapisan agar tidak mudah pudar warna nya dan awet, kalo masalah warna tergantung pemesan mita nya seperti apa ada juga yang minta kombinasi hitam dan kuning ada juga yang dominan kuning yang paling laris yang warna gold atu keemas emasan,kami mengutamakan keawetan warna agar tidah mudah pudar dan mudah perawatan nya dan tahan lama .
beberapa foto yang pernah kami buat.







Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »